MAN Sabdodadi Bantul. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Velkomin á bloggið fara grænn minn Man sabdodadi

BAHAYA BAHAN KIMIA DALAM RUMAH TANGGA TERHADAP LINGKUNGAN dan KESEHATAN MANUSIA


   Banyak yang mengira bahan kimia yang digunakan di dalam rumah tangga hanya mengandung manfaat saja. Akan tetapi di balik sejuta manfaat itu terdapat bahaya atau efek samping yang tidak di ketahui oleh kebanyakan orang. Berikut ini beberapa bahan kimia yang mengandung bahaya/dampak negatif bagi kesehatan manusia dan lingkungan
1.Pembersih

       Detergen merupakan pembersih yang biasanya digunakan untuk membersihkan pakaian. Detergen mempunya kadar PH yang terlalu basa sekitar (9,5-12 ). Jika detergen yang terlalu basa, dapat mengakibatkan terancamnya kulit dari hal-hal yang tidak di inginkan misalnya:
a. Iritasi pada kulit
b. Kulit terasa kering
c. Kulit melempuh dan retak-retak
d. Kulit juga mengelupas
e. Timbulnya eksim kulit atau bintik-bintik berai pada telapak tangan ataupun kaki selain mengancam kulit, Detergen juga memberi pengaruh terhadap kesuburan tanah. Detergen dapat mencemari tanah sehingga tanah tercampur bahan kimia hal itu karna bahan aktif ABS pada detergen merupakan bahan kimia yang sukar terurai oleh mikroorganisme, sehingga dapat mencemari air tanah. Jika tanah sudah tercemar limbah detergen, di khawatirkan bahan kimia yang terkandung pada detergen terakumulasi dalam tubuh dan dapat mengakibatkan penyakit sejenis kanker atau tumor.
Pencemaran limbah ini dapat di minimalisir dengan cara meminimalkan pemakaian detergen sesuai takaran yang di anjurkan


2. Pembasmi Serangga

        Biasanya bahan aktif yang terdapat pada pembasmi serangga di kenal dengan DDT (Dikloro Difenil Trikoroenata). Zat yang terkandung dalam pembasmi hama memang dapat mematikan hama yang memakan tanaman. Akan tetapi, sisa pestisida yang masuk ke sistem perairan bisa membunuh plankton-plankton. Jika plankton-plankton yang masih mengandung sisa pestisida dan di konsumsi manusia dapat membahayakan tubuh/membuat racun.
selain pestisida, pencemaran lingkungan juga dapat disebabkan oleh pupuk anorganik, sisa pupuk yang tercampur dalam air mengakibatkan ganggang akan tumbuh subur menutupi permukaan air.

3. Pewangi

        Sebagian besar pewangi mengandung larutan hidroalkohol+alkohol yang mengandung konsentrasi 50-90 % Jika tertelan dapat menyebabkan tertekanya fungsi otak dan mempunyai efeksamping menyebabkan kantuk.
Cara untuk mencegah atau mengurangi dampak negatif yang telah di jelaskan diatas adalah sebagai berikut:
- Digunakan sesuai tekanan dan fungsinya
- meletakkanya ditempat aman (terlindungi dari sinar matahari)
- jauhkan dari makanan dan jangkauan anak-anak
- gunakan masker saat memakainya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

sablon cup mengatakan...

terima kasih informasinya, sangat bermanfaat.

www.kiostiket.com

Posting Komentar