MAN Sabdodadi Bantul. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Velkomin á bloggið fara grænn minn Man sabdodadi

Tong Sampah sekolahku membawa Berkah



Saat ini masih banyak sebagian manusia yang mengabaikan sampah. Padahal sebenarnya banyak sekali manfaat dari sampah yang belum kita ketahui. kelihatannya si kotor(tapi emang kotor) dari kotor itulah banyak sampah yang dapat dimanfaatkan. Jika kita memilah sampah dengan benar, sampah bisa dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin. Bisa dijadikan barang-barang yang bermanfaat bagi kehidupan kita, bisa diolah menjadi limbah yang berguna. Contohnya botol plastic bisa dijadikan mainan, sampah daun bisa dijadikan pupuk kompos untuk mensuburkan tanah bagi para petani.
Kalau di sekolah, sampah dapat dikategorikan menjadi 2 :

1.      Sampah organic  yaitu sampah yang masih dapat diuraikan sehingga menjadi zat-zat yang lebih kecil. Contohnya      : bungkus nasi (daun pisang) sampah dedaunan, kertas.
2.      Sampah an-organik yaitu sampah yang tidak dapat lagi diuraikan menjadi zat-zat yang lebih kecil. Contohnya : plastic (wadah es), bungkus snack, permen, kaca dll.



Disekolahku masing-masing kelas terdapat tong sampah yang lumayan besar untuk menampung banyak sampah. Tong sampah itu diletakkan di depan kelas dan ruangan lainnya. Kurang lebih terdapat kurang lebih 40 buah tong sampah. Lumayan banyak bukan ? Benda yang kotor tetapi punya banyak kelebihan ini diletakkan pada tiap-tiap ruangan tujuannya adalah agar setiap siswadan warga sekolah mudah untuk membuang sampah sehingga dapat mengurangi kemalasan mereka dalam membuang sampah. Selain itu agar mengurangi sampah yang bertebaran di tiap-tiap sudut ruangan.

 Jujur saja, masih saja ada beberapa siswa yang kurang peduli terhadap keberadaan tong sampah ini. Misalkan ada yang membuang sampah sembarangan, menghiraukan manfaat tong sampah. Apakah Anda termasuk orang yang berperilaku tersebut ? hindarilah perbuatan terkeji itu supaya kita tidak mendapatkan akibat buruknya kelak. Cintailah sampah sebagaimana kita mencintai diri kita sendiri dengan cara meletakkan sampah pada tempat yang sepantasnya.

Tong sampah memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan kita. Karena sampah dan tong sampah tak bisa dipisahkan, sedang sampah tak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Tahukah kamu ? Tanpa tong sampah kita tidak akan bisa meminimalisir keberadaan sampah yang bertebaran di lingkungan kita. Manfaat dari keberadaan tong sampah ini antara lain :

Û    Dapat menampung sampah dari sisa sisa pembuangan kita
Û    Keberadaan tong sampah dapat mengurangi bertebaraannya sampah di lingkungan kita
Û    Menjaga kebersihan sehingga terhindar dari berbagai penyakit
Û    Menambah keindahan lingkungan baik indoor maupun outdoor
Û    Mencegah kerusakan lingkungan di sekolah
Û    Menghindari dari berbagai bencana sebagai akibat kurangnya kepedulian akan manfaat tong sampah

Itulah beberapa hal mengapa penting dan sangat bermanfaatnya tong sampah. Semoga kita selalu sadar dan menyadari akan manfaatnya. Jangan hiraukan, jangan acuhkan keberadaan tong sampah di lingkungan kita. Mari kita hargai benda yang kotor tapi punya banyak kelebihan ini. Lets Go !!!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar