MAN Sabdodadi Bantul. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Velkomin á bloggið fara grænn minn Man sabdodadi

Lingkungan Makhluk Hidup


             Kehidupan manusia tidak bisa lepas dari lingkungannya. Baik dalam hal lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Makan, minum, pakaian semuanya di dapat dari lingkungan.
             Lingkungan adalah segala sesuatu yang terdapat di sekeliling manusia yang mempengaruh perkembangan kehidupan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. Perlu di ketahui bahwa lingkungan dapat di bedakan menjadi lingkungan biotik dan abiotik. Di lingkungan sering teerlihat berbagai macam jenis tumbuhan, hewan, dan manusia. Ketiga komponen tersebut dapat di sebut sebagai unsur biotik. Sedang unsur abiotiknya adalah batu, air, udara dan benda mati lainnya.
            Istilah lingkungan hidup sering di sebut segala sesuatu yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup segenap makhluk hidup di bumi. Berdasarkan UU No. 23 tahun 1997 , lingkungan hidup ialah kesatuan ruang dengan semua benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Unsur-unsur lingkungan hidup bisa di bagi menjadi 3, yaitu:

1.) Unsur Hayati (abiotik)
      Yaitu unsur hidup yang terdiri dari makhluk hidup, contohnya manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan dan jasad renik.
2.) Unsur Sosial budaya
      Yaitu lingkungan sosial dan budaya yang di buat manusia yang termasuk sistem nilai, gagasan keyakinan dalam berperilaku sebagai makhluk sosial.
Kehidupan sosial ini dapat mencapai keteraturan karena adanya sistem nilan dan norma yang di akui dan di taati oleh segenap masyarakat.

3.) Unsur Fisik (abiotik)
      Yaitu unsur-unsur dari benda-benda yang tidak hidup. Misalnya tanah, air, udara, iklim dan lainnya. Unsur abiotik sangat besar peranannya bagi lingkungan hidup, segenap kehidupan di bumi. Misalnya udara, Apa yang terjadi jika di bumi ini tidak ada udara? Yang pasti makhluk hidup akan mati. Bagaimana jika tidak ada air? Tentu saja kehidupan menjadi tidak wajar,akan terjadi banyak musibah dan bencana yang menimpa kehidupan umat manusia,

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar