MAN Sabdodadi Bantul. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Velkomin á bloggið fara grænn minn Man sabdodadi

KELASKU BERSIH BELAJARPUN TAK RISIH

        Aku di sini akan memperkenalkan ruang kelasku yang bersih, indah dan nyaman. Setiap hari, para siswa di sekolahku membersihkan ruang kelasnya masing-masing. Agar tercipta proses belajar mengajar yang nyaman dan membuat suasana menjadi sangat tentram. Jika kelas terlihat kotor dengan kata lain banyak sampah yang berserakan di kelas , banyak debu-debu yang memenuhi ruangan pasti akan menganggu aktivitas belajar para siswa.

       

 Setiap siswa di sekolahku wajib dikenakan jadwal piket oleh masing-masing kelas yang telah diatur oleh kesepakatan wali kelas dan para anggota kelas. Setiap hari, kelas disapu, dipel, dan dijaga kebersihannya pada pagi hari bahkan pada saat pulang sekolah. Sore harinya tukang kebun di sekolahku juga ikut membantu kebersihandisekolahku seperti enyapu halaman, menata taman, membersihkan sampah yang berserakan agar lingkungan sekolahku terlihat bersih dan enak dipandang mata.

          Lingkungan dan ruang kelas yang tidak mendukung akan mempengaruhi para siswa  dalam menangkap dan memahami pelajaran yang diberikan. Selain itu akan menghilangkan semangat para siswa untuk belajar. Seperti belajar kurang serius, timbul kebosanan, rasa jenuh,kurangnya perhatian terhadap pelajaran yang diberikan. Hal-hal yang buruk itu dapat pula mengurangi prestasi belajar siswa.

          Sebaliknya, lingkungan kelas yang bersih akan menambah semangat belajar , meningkatkan prestasi siswa, belajar pun menjjadi santai tapi serius, siswa tidak mudah bosan dan tidak mudah jenuh dalam menerima pelajaran, dan siswa menjadi lebih fokus akan mata pelajaran yang diajarkan.

          Kelasku ditata sedemikian rupa agar suasananya menjadi lebih menarik. Dalam hal ini demi mewujudkan ruang kelas yang bersih, sekolah mengadakan lomba kebersihan kelas minimal 2 kali dalam 1 tahun.  Siswa-siswi pun sangat antusias memeriahkan lomba ini.
Kegembiraan siswa Kelas XI IPA 2 Juara 1, 
saat menerima tropi lomba kebersihan antar kelas 
dari Bpk kepala Madrasah TA 2011/2012
Foto bersama siswa Kelas XI IPA 2 Juara 1 
lomba kebersihan kelas

          Sebagian besar siswa mengupayakan agar kelasnya nyaman di gunakan untuk proses belajar. Biasanya guru jika mengajar di kelas yang tidak nyaman (kotor) guru akan menghentikan sejenak kegiatan mengajarnya dan meminta siswa agar membersihkan kelas. Guru saja tidak nyaman dengan kelas kotor apalagi siswa?????

Sampai di sini dulu sobat, sampai jumpa di postingan saya berikutnya.
 "Ini ceritaku… apaa ceritamuu…." ????

Let's Go Green Sobat!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar