MAN Sabdodadi Bantul. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Velkomin á bloggið fara grænn minn Man sabdodadi

PLASTIK


         Plastik tak lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Di rumah, di sekolah, di toko, di tempat perbelanjaan, dimanapun kita berada pasti selalu terdapat plastik. Karena sebenarnya plastik tak bias lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Setiap barang, benda, tempat makanan dan lain sebagainya akan selalu menggunakan plastik. Lalu apa yang anda ketahui tentang plastik ?


         Plastik adalah material yang terdiri dari rantai panjang karbon dan elemen lain-lain yang dapat dibuat bentuk sedemikian rupa hingga menjadi berbagai barang yang dapat berguna bagi kita. Plastik dibuat dengan cara polimerisasi yaitu menyusun dan membentuk dengan cara sambung menyambung bahan-bahan dasar plasik yang disebut dengan monomer. Plastik mengandung bahan aditif ( bahan nonplastik ) yang diperlukan untuk memperbaiki sifat plastik itu sendiri. Fungsinya adalah sebagai antioksidan, pewarna, penyerap sinar UV, anti lekat dan lain sebagainya. Bahan aditif ini terdiri dari zat-zat yang bermolekul rendah salah satunya adalah VCM ( Vynil Chloride Monomer ). 

          VCM merupakan gas dengan berat molekul 62,5 dan titik didih -13,9°C, dan oleh sebabnya memiliki tekanan uap yang tinggi pada suhu kamar. Oleh karena itu VCM diproduksi di bawah kualitas yang ketat dan control. Ada dua cara untuk memproduksi VCM dari etilena (diperoleh dari perengkahan termal), yaitu metode klorinasi langsung dan metode oxychlorination.

       Plastik memiliki manfaat dan dampak yang dapat menguntungkan juga merugikan kehidupan umat manusia. Manfaatnya antara lain : 

Ô     Plastik berguna untuk membungkus setiap bahan makanan dan minuman
Ô  Mengawetkan bahan makanan dan melindunginya agar terhindar dari bakteri-bakteri jahat yang member dampak buruk bagi pemakainya
Ô     Memberikan inovasi baru dalam bentuk barang-barang berharga
Ô     Dapat dirubah menjadi bentuk-bentuk yang beraneka ragam yang sangat membantu dalam kehidupan rumah tangga
Ô     Mencegah meresapnya air

Adapun beberapa bahaya yang merugikan umat manusia karena penggunaan sampah yang berlebih antara lain :

Ô Mempengaruhi perkembangan pertanian. Plastik jika tercampur oleh tanah akan menghambat penyerapan nutrisi dari dalam tanah, sehingga mengurangi output tanama.
Ô   Mengancam kelangsungan hidup hewan. Jika hewan salah memakan limbah plastic dan mereka telan, itu akan menyebabkan hewan tersebut mati. Perlu diketahui bahwa plastik adalah material yang sulit dicerna. Jika limbah plastik ditelan hewan, kemudian masuk ke dalam lambung dan menetap dilambung karena tidak dicerna, maka akan menghambat makanan lain untuk masuk ke lambung hewan itu dengan kata lain tidak ada tempat lagi untuk menampung makanan yang masuk. Akibatnya hewan menjadi mati karena kelaparan.
Ô Plastik sulit dibuang. Jika limbah plastik tercampur oleh tanah , maka akan mengurangi tingkat kesuburannya. Plastik sulit terurai dan perlu ratusan tahun untuk menguraikannya. Hal ini dapat mengurangi lahan tanah untuk produksi pangan.
Ô Plastik terdapat bahan berbahaya yang dapat member efek buruk pada perkembangan dan pertumbuhan manusia terutama anak-anak.
Ô   Produksi plastik dapat mengkonsumsi banyak energy (polietilena, shrinkfilm, low desinty polhyetilene )
Ô   PVC menyebakan perbengkakan pada pergelangan tanah, jari dan luka hati.
Ô   Plastik hanya dapat digunakan sekali pakai kecuali jika sudah didaur ulang .



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar